Perpustakaan

Perpustakaan

Cari Blog Ini

Senin, 19 September 2016

KELAINAN PENGGUMPALAN YANG BERLEBIHAN (TROMBOSIS)


.Kelainan Penggumpalan Yang Berlebihan (Trombosis)



Penggumpalan yang berlebihan secara terus-menerus menyebabkan trombosis vena dan arteri (gumpalan yang menganggu vena dan arteri).
Trombosis vena dapat disebabkan oleh penyakit atau cedera pada vena di kaki, yang menyebabkan penarikan dan penggumpalan darah. Pelebaran urat vena merupakan kondisi umum yang dikaitkan dengan trombosis vena. Gumpalan di kaki dapat memecah dan berpindah ke paru-paru, menyebabkan penyumbatan di dalam paru yang berbahaya bagi pernafasan dan dapat menyebabkan kematian.
Trombosis arteri terjadi secara utama dari pengerasan pembuluh nadi; gumpalan dapat terbentuk pada permukaan pembuluh darah abnormal. Hal ini terjadi pada umumnya di dalam arteri jantung, menyebabkan serangan jantung, namun dapat juga terdapat pada peredaran otak, menyebabkan stroke atau kekurangan oksigen pada organ-organ lain. Beberapa pemeriksaan, menggunakan suntikan atau kateter zat warna, dapat mendiagnosa adanya trombosis arteri atau vena. Trombosis vena parah diobati dengan obat anti koagulan seperti heparin dan coumadin. Sebuah penyaring dapat diletakkan di dalam vena utama untuk mencegah pembentukan gumpalan di paru-paru.
Trombosis arteri dapat diobati dengan kateter yang membesarkan lebar pembuluh yang bersangkutan. Penyumbatan arteri dapat dilarutkan dengan obat-obat seperti aktivator jaringan palsminogen atau enzim seperti streptokinase.

Tidak ada komentar: