Perpustakaan

Perpustakaan

Cari Blog Ini

Selasa, 20 September 2016


 Cara tepat mengkonsumsi caffeine

Minum dua cangkir kopi sehari dipercaya dapat meningkatkan mood Anda, namun jika mengkonsumsinya berlebihan, caffeinne pada kopi atau the tadi dapat menyebabkan timbulnya rasa pusing, insomnia dan rasa cemas/khawatir yang berkepanjangan. Segera kurangi jumlah asupan caffeine secara bertahap jika gejala tadi mulai menghampiri Anda. Hati-hati, jangan menghentikan asupan caffeine secara mendadak karena ini hanya akan mengakibatkan Anda merasa pusing dan mual setelahnya.
Jika ada pepatah legenda yang mengtakan untuk menetralisir nikotin digunakan caffein, justru kebanyak efek dari keduanya saling sinergis [,mendukung].

1. caffein membuat palpitasi [deg2an]
2. kafein juga menaikkan HCl lambung seperti pada nikotin.
3. kafein juga bersifat mengecilkan pembuluh darah, sehingga gampang terjadi penyempitan coroner, stroke dan juga impotensia karena menyempitkan pembuluh darah yang menuju ke penis.
4, efek lain yang saya tidak sebutkan.

Menurut saya batasan 1/2 gelas terlalu banyak buat kesehatan dan batasan banyak/sedikit ini indivudual.
Saya dengan meminum 1/2 gelas cafein bisa saja tidak bisa tidur a malam. Ada orang yang diberi cafein 50 mg pada obat flu seperti stop cold [ yang lain hanya 25 mg] sudah tidak tahan. Maksud obat flu diberi kafein , karena pada obat flu mengandung ctm yang memberi side efek sedativa.
1-2 gelas sebagai ukuran juga kurang tepat, harus disebutkan konsentasi [kekentalan kopi yang ada].
Biasanya yang normal, dalam 1 gelas, ibu2 pasti lebih tahu, ada berapa sendok atau berapa bungkus kopi instant yang dimasukkan. Ini hemat saya yang paling penting. Dalam 1 sendok biasanya mengandung 15 gram - 20 gram kafein. Kopi instant  seperti nefcafe juga sama saja. Instant = pengganti, tapi maksud disini adalah instant = pengganti dan penggunaannya mudah. Mie instant [supermi ] juga pembuatan mudah. Karena itu sudah ada garam,
glutamat, bumbu2 . Tinggal dimasukkan dalam air panas, dan sreng...jadi mie yang enak.
Kopi instant juga mengandung cafein yang sama. Hanya penggunaannya saja yang lebih parktis.
Hemat saya penggunaan kopi dalam minuman khusus kopi, tidak dianjurkan. Juga dalam coca cola misalnya, tetap tidak dianjurkan. Walau disini kurang berbahaya karena dosisnya kecil, tapi sebaiknya kalau ada pilihan minum yang no caffein. Pada akhirnya orang2 akan mengerti lebih sehat jika minum air gunung [air mineral] , yaitu air alamiah, ketimbang semua yang dibuat oleh manusia berupa softdrink dll. Walaupun demikian kadang2 perlu penggunaan kopi, misalnya untuk agar tidak mengantuk, karena tugas dll.
Kalau sudah jadi kebiasaan, anda akan susah lho untuk menghilangkannya. Badan akan terasa lemas. Ini menunjukkan ada ketergantungan fisik sedikit.



Tidak ada komentar: